Senin, 01 September 2014

10 Tips and Tricks Menghemat Energy Pada PC

10 Tips and Tricks Menghemat Energy Pada PC

Sobat Apa kabar kalian semua?? Gimana kegiatan di hari ini. Kali ini My Little Blog mau berbagi sambil belajar tips/trick untuk sobat semuanya.
Tips/trick kali ini ialah seputaran dari komputer/PC dan Laptop, tepatnya sumber energi dari computer/PC dan Laptop tersebut dalam mengehemat daya energinya.
Dalam mengemat sumber dayanya bisa dimulai daricara pemakaiannya seperti; mematikan lampu"cahaya diturunkan sekitar 50% dari cahaya normalnya", selain itu juga banyak manfaat yang akan kita peroleh, salah satunya ialah laptop dan PC akan lebih awat"tahan lama.

10 Tips and Tricks Menghemat Energy Pada Laptop dan Computer/PC

1.  Aturan Pencahayaan
Mengatur pencahayaan bisa mengehemat energy. Mungkin bagi orang yang masih awam/Gaptek bisa tidak percaya. Ya! mengatur cahaya bisa meminimalkan penggunaan listril yang digunakan laptop dan PC. Tingkat pencahayaan/contras yang tinggi dapat menghabiskan banyak energy. Jadi atur/setting contras laptop/PC anda menjadi rendah jika ingit untuk hemat energy.

2.  Matikan Monito Jika Tidak Dipakai
Tips yang keda ini adalah mematikan monitor. Mematikan monitor juga dapat mengemat penggunaan energy. Jenis monitor CRT(VChatode Ray Tubel) adalah jenis monitor yang paling besar memakai listrik. Jika dirumah anda Computer nya memakai monitor jenis ini, saya sarankan untuk mematikannya pada saat ditinggal sebentar atau dalam waktu lama.

3.  Matikan Hardisk
 Meskipun kita tidak sedang melakukan apa pun pada Computer, tapi data anda akan selalu dibaca dari hardisk oleh sistem informasi dan beberapa applikasi lainnya . Karena itulah hardisk akan terus menerus berputar dan tentu saja ini akan mengabiskan energy. Jika anda ingin meningalkan PC ana dalam waktu lama, Sebaiknya matikan saja Hard disk PC anda.
Caranya : "Power Options Properties" lalu click tab "Power Schmes". Click tanda panah di bagian "Power Schmes" dan pilih "Home/Off desk". Kemudian click"Turn Off Hard Disk" dan pilih waktunya.Lalu click "Apply" dan "Ok".

4.  Matikan Peralatan Lainnya
Matikan peralatan lainnya seperti; Speaker, Modem Eksternal, Scanner, Zip Driver dan Printer. Karena peralatan itu juga sangat menghabiskan banyak energy. Seringkali orang meninggalkan itu dalam keadaan aktif. Bahakan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama.

5.  Pakai Mode Hibernate
Mode hiberate ini adalah fasilitas untuk melakukan Shut Down, tidak mentup atau mematikan applikasi yang sedang di process. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:
Mode "Hibernate". click kotak dekat "Enable Hibernation". Click juga pada tab "Advanced". Dalam bagian "When I Press the Powe button" lalu klik tanda panahnya, kemudian click "Hibernate". Click "Apply" dan "Ok". setelah itu tekan tombaol "Power" dan Mode Hibernate anda telah berfungsi.

6.  Gunakan Mode Stand By
Agar bisa menghemat energy, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk bearada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan PC sebentar,sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang harus anda ketehaui adalah, saat mode standby aktif data-dat yang belum disimpan dapat rusak atau hilang, Sebaiknya simpan dahulu data anda sebelum mengaktifkan mode standby ini.
Mode standby dapat dilakukan dengan cara "Start>>Turn Off Computer>>click "Standby"

7.  Gunakan UPS
Gunakan selalu UPS, jkarena alat ini bisa membantu pe yelamatan data pada shut down "mati Listrik". Untuk mengatur peralatanUPS dan mengkonfigurasikan alat tersebut "Power Option Properties" lalu pilih tab UPS. Baigan status dalam tab UPS menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung UPs. Bagian status tab UPS menampilkan perkiraan jumlah menit yang dpat didukung UPS terhadap PC anda.

8.  Baterai Laptop
Jika anda men-charge baterai laptop, pasti kan proses chargenya selesai. Karena proses charge yang dilakukan stengah-setengah lalu lanjutkan kembali, itu mahal akan energi. Jika anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambahan. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate atau gunakan soket listrik yang dihubingkan ke stop kontak

9.  Port USB
Jika  saat anda mengunakan laptop dan saat itu anda memasukkan salah satu ke potr USB di laptop, sebaiknya kalau sudah selesai langsung dilepaskan saja, karena peralatan yang ,masih tertansap pada Port USB itu juga dapat mengahbiskna tenaga pada PC atau Laptop anda.

10.  Skema Pemakaian Energy Laptop.
Biasanya produse-produsen laptop juga menertakan feature dan software power management. Yang berguna sekali bagi para konsumen laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai da daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat dugunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energy lain yang sedang digunakan oleh laptop/PC.
Diantaranya mengetahui kecepatan Processor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai.